Perencanaan yang matang dalam pembuatan Kartu Undangan Pernikahan ( Wedding Card ) mulai dari Design, bentuk dan kwalitas cetak yang hendak dibuat akan mencerminkan suatu hal yang Elegan, Kesopanan dan Prestige.

Untuk itu memerlukan seorang dsigner Kartu Undangan Pernikahan. Tidak semua orang mampu mendesign kartu undangan pernikahan meskipun orang tersebut ahli dalam design graphic yang  mengoprasikan software pengolah gambar semacam corel, illustrator dan photoshop. Sering kali apa yang dibuat oleh seorang graphic designer (yang tanpa pengalaman dalam bidang cetak offset)  hasilnya akan jauh berbeda dari apa yang kita lihat pada layar monitor saat di desain di ajukan dalam bentuk mockup.

Urusan membuat undangan pernikahan adalah yang berhubungan dengan proses cetak pada mesin Offset disamping pengetahuan tentang jenis kertas dan Finishing akhir dari pengerjaan Kartu Undangan tersebut, seperti adanya penambahan Emboss, Hotprint (Poly Emas /Silver), cetak Doff maupun Glossy, seni lipatan dan pengggunaan bahan kertas adalah hal yang terpenting.