Ketentuan Format File yang Diperlukan untuk Pencetakan


Tahukah Anda bahwa file yang salah dalam pengaturannya adalah sebab utama saat menghasilkan kwalitas cetak yang buruk?

Untuk menjaga kualitas cetak tetap baik sesuai keinginan, kami memerlukan kerja sama pelanggan untuk menyiapkan file dengan benar sebelum dicetak. Ada beberapa ketentuan untuk memastikan kwalitas cetakan anda. Berikut dibawah ini panduan untuk melakukannya dengan benar sebelum mengirim file anda untuk dicetak, pastikan file anda memenuhi persyaratan berikut.

File Format

MahaMeru Bali Printing, menerima jenis format file dari applikasi / software berikut ini :

bali printing file format

Mode Warna CMYK :

Model warna CMYK melibatkan proses 4 warna :  Cyan, Magenta, Yellow dan Black. MahaMeru Bali Printing menggunakan mode warna CMYK.

Kami membutuhkan konversi warna dari RGB menjadi CMYK.  Anda harus mengubah semua gambar dari RGB ke CMYK sebelum mengirimnya kepada kami. Saat kami menerima gambar RGB, adalah kebijakan kami untuk mencoba dan mengubah gambar RGB anda menjadi CMYK, tanpa menghubungi anda mengenai format kiriman anda. Harap dicatat bahwa konversi ke CMYK dapat menyebabkan perubahan warna. Selama konversi ke CMYK, kami melakukan yang terbaik untuk mencocokkan warna (yang paling mendekati) sesuai desain anda. Namun, MahaMeru Bali Printing tidak menjamin bahwa warna dalam file yang dikonversi akan sama persis dengan warna gambar yang anda kirimkan kepada kami dalam format RGB. Kami tidak bertanggung jawab atas ketidaksempurnaan karena gambar anda dikirim ke kami dalam format RGB, karena kami memerlukan konversi gambar RGB ke CMYK.

Kebanyakan warna RGB saat diubah menjadi CMYK akan menjadi sedikit gelap / kusam seperti salah satu contoh yang ditunjukkan di bawah ini:

Resolution:

Desain secara umum harus memiliki 300 DPI untuk cetakan dengan mesin Offset dan digital pada media kertas. Untuk cetakan jenis Large Format seperti Banner, baliho dan Outdoor printing seperti pada bahan vinyl, poster sticker dalam format besar bisa 150-200 DPI.

Saat kami menerima gambar dengan resolusi rendah, adalah kebijakan kami untuk mencoba dan mengubah semua gambar beresolusi rendah sesuai dengan kebutuhan mesin kami, tanpa menghubungi anda mengenai format tersebut. MahaMeru Bali Printing tidak bertanggung jawab atas ketidaksempurnaan karena penyerahan gambar dengan resolusi rendah, karena kami memerlukan desain yang memiliki resolusi dengan kwalitas baik.

Konsumen sebaiknya tidak menggunakan gambar hasil Copy dari situs internet, karena dari Web / Internet menampilkan gambar di 72 DPI, yang beresolusi rendah dan bisa berakibat pada hilangnya kualitas ketajaman cetak. Dan juga tidak mencoba untuk mengubah dengan cara meningkatkan resolusi dari gambar beresolusi rendah menjadi lebih tinggi dengan hanaya meningkatkan DPI, karena hal ini juga tidak akan membuat kualitas gambar lebih baik.

8 Bits/Channel vs. 16 Bits/ Channel
File seharusnya di simpan ke 8 Bits/Channel.

Tip:

Zoom gambar 300% untuk melihat perubahan kwalitas resolusinya. 

Bagaimana cara mendapatkan gambar dengan resolusi tinggi?

Ada 3 cara mendapatkan gambar beresolusi tinggi :

  1. Ambil gambar menggunakan kamera DSLR atau kamera ponsel yang memadai
  2. Beli Gambar beresolusi tinggi dari penyedia galeri foto online
  3. Cari gambar dengan menggunakan Google Image. Pada halaman hasil pencarian, klik tombol Alat “Alat Pencarian” dan kemudian menu pilih “Ukuran” untuk memfilter pencarian dengan ukuran gambar besar.

 

Ukuran Huruf dan Ketebalan Font

Ukuran font yang tepat tergantung pada jenis produk cetak dan seberapa besar yang akan dicetak. Untuk produk cetak lebih kecil, seperti kartu nama, ukuran huruf sangat penting. Jika teksnya terlalu kecil, akan sangat sulit dibaca. Terkadang font akan terlihat terbaca di layar komputer yang besar, namun tidak akan sama pada media bahan cetak yang sebenarnya. Ukuran teks minimum untuk adalah 6pt.

 

Convert Fonts & Outline Strokes :

Saat mengirimkan file kepada kami, Anda harus mengubah font/huruf menjadi format vector ( converting font to curve / outline) atau jika bekerja pada Layer seperti photoshop agar dilakukan Merge / Flatten layer.

Pastikan untuk menyimpan file asli anda (dengan Live Fonts) secara terpisah untuk yang akan dikirimkan ke percetakan agar anda tidak dapat lagi mengedit di kemudian hari.

 

Transparencies:

Untuk desain yang didalamnya ada transparansi object saling menimpa, perlu dilakukan penyatuan transparansi terlebih dahulu terhadap semua object untuk menghindari kemungkinan adanya masalah pencetakan. Jika Anda tidak menyatukan transparansi anda kami tidak bertanggung jawab atas hasil gambar transparansi anda.

Transparansi mencakup efek Gradiasi transparansi, color opacity, bayangan, efek cahaya dan foto background transparan yang dibuat dalam platform berbasis vektor seperti Illustrator, Corel Draw dan InDesign. Jika file yang berisi masalah transparansi dicetak hasilnya akan menjadi kotak putih di bawah objek transparan.

 

 

Meskipun kami memahami bahwa menggunakan efek ini terkadang dapat meningkatkan daya tarik tampilan desain anda, cara terbaik untuk menghindari masalah transparansi adalah dengan tidak menggunakan efek yang berlebihan.

 

Overprint:

Overprint akan mengurangi resiko kesalahan jika dilakukan dengan tepat. Tetapi jika penggunaannya tidak tepat maka justru akan menjadi masalah pada hasil cetakan.

Overprinting adalah proses mencetak satu warna di atas yang lain.  Overprint adalah kesalahan umum yang sering terjadi pada produksi cetak.  Inilah sebabnya mengapa harus dengan hati-hati memberikan atribut yang benar pada objek dan warna yang digunakan dalam desain. Terutama untuk object berwarna hitam dan teks.

Bila objek untuk overpint akan mencetak overprint objek lainnya. Ini berarti akan berada di bahwa dari objek yang akan dicetak seluruhnya. Ini juga dikenal juga sebagai knock out.

 

 

 

Rich Black / Solid Black :

Jika Anda menginginkan area dengan latar belakang serta text judul  dengan warna hitam pekat, gunakan Rich Black, dengan setelan warna: C: 50% / M: 50% / Y: 10% / K: 100%, karena menggunakan 100% hitam (K) saja akan menghasilkan warna hitam kusam.

 

Untuk ukuran tulisan menegah dan kecil, Text warna Hitam dapam menggunakan warna murni hitam : C: 0% / M: 0% / Y: 0% / K: 100%. Jangan gunakan persentase di atas karena hanya untuk Teks Judul yang besar atau untuk background hitam.

 

True Blue:

Warna biru terdiri dari kombinasi warna nilai Cyan dan Magenta. Semakin tinggi nilai Magenta, semakin tinggi resiko biru yang mana akan berubah menjadi keunguan. Untuk menghindari warna biru berubah keunguan / kemerahan, kami merekomendasikan nilai Magenta setidaknya 35% lebih rendah dari nilai Cyan, karena jika menggunakan 100% Cyan dan 100% Magenta itu artinya sama dengan Purple pada hasil cetakan, meski kombinasi ini terlihat biru di layar komputer anda.

 

 

Borders:

Untuk menghindari pergeseran yang akan terjadi saat pemotongan hasil akhir setelah dicetak, tidak disarankan untuk menambahkan dengan garis batas (Border), karena kami tidak menjamin bahwa Border akan tetap berukuran sama setelah dipotong. Khususnya, ketika saat menambahkan garis border pada cetakan dengan laminasi serta UV, akan ada ketidak samaan potong tiap sisi  karena pergeseran bahan saat pemotongan dilakukan.

Bleed & Trim Cut :

Untuk mencegah desain kena potong atau terlihatnya pemangkasan putih di sekitar tepi potong. saat pemotongan oleh mesin. Setiap desain hendaknya dibuat dengan adanya jarak / ruang potong dimana desain dapat dibuat sedikit lebih untuk tiap sisi-sisinya nya. Hal ini  dikenal dengan Bleed dan area untuk trim cut.

 

Pengiriman File:

Kami meminta mengirim satu file per sisi. Usahakan mengirim file jika dengan tujuan mencetak 2 sisi  ( depan – belakang ) tidak dimuat pada satu halaman ( di gabung). Kami merekomendasikan untuk mengirim file dalam format PDF warna CMYK. Pengiriman file dapat dilakukan melalui Email ke cs @ mahameru.net atau melakukan upload ke penyedia jasa layanan file storage seperti dropbox, box, drive dsb.