Perbedaan tiap jenis printer

Perbedaan tiap jenis printer

Penggunaan printer sebenarnya semakin hari semakin berkurang, hal ini dikarenakan semakin terbiasanya bagi pengguna komputer untuk membaca dan mendistribusikan dokumen dalam bentuk digital seperti PDF. Meskipun demikian, bukan berarti printer tidak dibutuhkan lagi, karena masih banyak hal yang tidak dapat dijangkau oleh data digital, oleh karena itu diperlukan alat cetak data digital  dalam bentuk fisik.
Dari sekian banyak merk dan type printer masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan dalam proses pencetakan.

Prepress dengan CTP (Computer To Plate)

Teknologi CTP (Computer-To-Plate), yaitu proses pencetakan/print dengan cara digital pada lembaran plat untuk keperluan pada mesin cetak offset. Proses ini dikerjakan pada tahapan “prepress“atau proses persiapan cetak.

CTP atau disebut juga “direct-to-plate” berarti proses pembuatan pelat cetak untuk keperluan mesin offset secara langsung dari (file) komputer.

Matriks Kertas Cetak & SNI Ukuran Kertas

Industri kertas di Indonesia, menggunakan standar yang dikenal dengan SNI (Standar Nasional Indonesia) untuk ukuran dan berat kertas. Norma SNI mengacu pada ISO (International Standard Organization) yang berkedudukan di Amerika. ISO ditetapkan sejak tahun 1947.

Jenis Bahan Cutting Sticker

Banyak jenis variasi dan bentuk dalam pembuatan cutting sticker, hal ini sangat menentukan harga  dari cutting sticker tersebut, dari tingkat kecerahan warna, dan kelebihannya, ketahanan atau keawetan produk, hingga daya rekatnya.

Nama Kertas untuk Percetakan (Printing)

Pada artikel ini MahaMeru akan memberikan informasi guna membedakan sebagian jenis dari istilah kertas dalam dunia percetakan (Printing) yang sering digunakan. Pada dunia Percetakan jenis dan type kertas sangatlah banyak dan hampir dari setiap jenisnnya sangat sulit untuk dibedakan.

Manakah lebih baik “Cetak Offset atau Digital Print” ?

Perkembangan menggunakan cetak dengan Digital Print telah membuat kemajuan yang pesat terhadap persaingan dengan system cetak offset.

Pemahaman tentang keuntungan dan kerugian antara menggunakan cara pencetakan digital dengan pencetakan offset sangat penting untuk menentukan suatu pilihan yang tepat.

Memahami Jenis & Type Kertas Cetak

Pada dunia Percetakan jenis dan type kertas sangatlah banyak dan hampir dari setiap jenisnnya sangat sulit untuk dibedakan, apalagi bagi  mereka (Klien) yang mintanya terima sudah serba beres.

pada artikel ini kita akan membedakan sebagian jenis dari istilah kertas dalam dunia percetakan (Printing) yang sering digunakan.

Ukuran Cetak Photo Standar

Ukuran standar cetak foto yang sering disebut dengan kode dari “nR” format, di mana jumlah “n” merupakan panjang dari tepi yang pendek pada media cetak dalam satuan inci.

Cara serta tehnik pencetakan sablon

Pencetakan dengan cara sablon di jaman serba Digital sekalipun akan terus diperlukan. Cetak dengan metode sablon sangat diperlukan untuk pencetakan dalam media yang tidak memungkinkan dilakukan oleh Mesin Digital dan Offset. Mesin sablon yang dapat bekerja otomatis juga telah banyak dipakai saat ini, namun meskipun demikian cetak sablon secara manual tentunya masih banyak dilakukan dengan pertimbangan biaya lebih murah, misalkan Sablon Kain untuk sepanduk dan pakaian, Kaos, Souvenir, sablon pada media plastik dan sebagainya.

Biaya Pokok Cetakan

Anda mungkin penasaran saat mendapatkan harga penawaran cetak yang berbeda-beda antara percetakan satu dan lainnya. Anda jadi khawatir percetakan yang sudah anda pilih terlalu banyak ambil untung atau mungkin bila terlalu murah nanti kualitas cetakannya tidak bagus atau terjamin.

Dengan mengetahui harga pokok biaya cetak, anda paling tidak bisa merasa aman dan nyaman dalam memutuskan suatu transaksi tidak saja murah dan tapi juga masuk akal bagi percetakan untuk menyelesaikan order yang akan dicetak.